cr: pexels.com/@bongkarn-thanyakij-683719

Gaya hidup orang zaman sekarang jelas berbeda dari zaman sebelumnya. Kebiasaan membaca dan mencari berita pun mengikuti perkembangan dan perubahan zaman. Bila dulu lebih mengandalkan koran atau surat kabar untuk mencari berita, kini dengan sekali klik di internet sudah bisa mendapatkan berita terbaru. Bahkan untuk membaca artikel atau mencari tips-tips pun makin mudah dicari di berbagai media daring. Di sisi lain, hadirnya media daring juga membuka dan menyediakan banyak kesempatan kepada para penulis untuk menghadirkan tulisannya untuk bisa dibaca oleh banyak orang.

Menulis di media daring punya tantangannya sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tulisan untuk diunggah dan dipublikasikan di media daring. Memahami beberapa hal penting ini pun bisa memudahkan kita dalam membuat tulisan yang nyaman dibaca oleh warganet.

1. Pembuatan Judul yang Menarik

Apa yang membuat seseorang tertarik membaca artikel di sebuah media? Tak lain adalah karena judulnya. Kita perlu membuat judul yang menarik untuk setiap tulisan yang kita buat di media. Pemilihan kata dan diksi perlu benar-benar tepat. Serta yang paling penting adalah judulnya sesuai dengan isi artikel. Dengan kata lain, judulnya bukan tipu-tipu. Judul sebuah artikel tak ubahnya umpan untuk menangkap pembaca mau membuka artikel dan membaca tulisan di dalamnya.

2. Tampilan Visual

Jenis dan ukuran fon jelas memengaruhi kenyamanan membaca. Karena arus informasi semakin cepat dan berlimpah di dunia maya, seringkali sulit bagi kita untuk fokus pada satu hal dalam waktu yang lama. Membaca tulisan atau artikel yang panjang tanpa didukung dengan tampilan visual yang bagus pun pasti bikin pusing dan bosan. Untuk itu, kita perlu juga menyertakan foto, gambar, atau bahkan video yang mendukung tulisan atau artikel yang kita buat. Tujuannya tak lain untuk membuat pembaca betah membaca dan tidak langsung menutup halaman ketika baru mengklik judul tulisan.

Membaca di atas layar sangatlah berbeda dengan membaca kata-kata yang tercetak di buku-buku atau surat kabar. Orang tidak membaca secara berkesinambungan, dari atas ke bawah. Mereka melihat sekilas untuk mengetahui apa yang menarik baginya. Lalu mereka membaca cepat bagian yang secara khusus menarik perhatian mereka. Konsekuensinya, sangatlah penting untuk memastikan apa yang kamu tulis dapat dengan mudah dilihat sekilas dan tidak sulit dibaca cepat.

tips utama untuk menulis di laman online (oxforddictionaries.com)

3. Gaya Bahasa yang Sesuai dengan Target Pembaca

Menyesuaikan gaya bahasa dengan target pembaca ini penting. Pemilihan sapaan kepada pembaca juga perlu diperhatikan, seperti apakah harus menggunakan “kamu” atau “Anda”. Jika punya sapaan khusus untuk para pembaca, maka bisa digunakan juga. Haruskah menggunakan tata bahasa yang benar-benar formal atau bisa diselingi dengan kalimat-kalimat kasual. Hal-hal semacam ini perlu dipertimbangkan bila ingin memiliki “pelanggan” untuk media daring kita.

4. Pemenggalan Paragraf

Mungkin ini tampak sepele tapi dalam media daring hal ini sangatlah penting. Pemenggalan paragraf perlu diperhitungkan dengan baik. Posisikan diri kita sebagai pembaca. Kita membaca sebuah artikel melalui gawai kita. Membaca melalui monitor dalam waktu lama bisa membuat mata lelah. Bahkan daya konsentrasi mudah sekali terbelah. Pembaca selalu butuh “jeda untuk bernapas” saat membaca artikel di media daring. Jeda itu bisa dihadirkan dalam bentuk pemenggalan paragraf yang tepat. Idealnya dalam sebuah artikel minimal ada empat paragraf dan dalam setiap paragraf setidaknya minimal ada empat kalimat. Paragraf-paragraf ini pun bisa memudahkan pembaca untuk tetap keep on track dalam menuntaskan sebuah artikel.

5. Curi Perhatian dengan Rangkuman Padat dan Tepat

Buat rangkuman atau teaser yang padat sekaligus bikin pembaca penasaran. Rangkuman ini bisa lebih panjang dari judul tapi jauh lebih ringkas daripada isi tulisan. Rangkuman ini juga tak ubahnya undangan untuk membuat pembaca segera masuk dan membaca artikel secara keseluruhan.

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat tulisan untuk dipublikasikan di media daring. Lima hal di atas bisa dibilang adalah hal-hal paling mendasar yang perlu diketahui sebelum memulis menulis. Semoga infonya bermanfaat.