cr: pexels.com/@bongkarn-thanyakij-683719

Artikel bertema romansa, hubungan asmara, cinta, dan semua yang berkaitan dengan perasaan akan selalu banyak dicari di internet. Ya, setiap manusia pasti pernah merasakan cinta. Entah itu cinta yang menghadirkan perasaan bahagia maupun cinta yang malah mengundang luka. Serba-serbi cinta selalu menjadi tema yang seru untuk ditulis. Lalu, bagaimana cara mencari ide tulisannya?

Tentu saja ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mencari ide. Saat akan menulis artikel bertema cinta, kita bisa mencari sumber inspirasi dari banyak hal. Seperti dari beberapa hal berikut ini.

1. Obrolan Curhat

Ada teman yang baru putus cinta, kita bisa membuat artikel tentang cara untuk bisa menyembuhkan luka putus cinta. Ada teman yang curhat soal pasangannya yang selingkuh, kita bisa menggali banyak hal tentang perselingkuhan. Hasil obrolan dengan seseorang bisa menjadi pemantik kita untuk menemukan tema tulisan. Bahkan kadang kita bisa lebih menghayatinya karena ditulis berdasarkan pengalaman nyata, meski bukan dari pengalaman sendiri.

3. Pengalaman dan Kenangan Sendiri

Ehm, cara ini juga cukup manjur untuk menemukan ide tulisan. Punya kenangan soal jatuh cinta atau pengalaman pahit manisnya jatuh cinta, kita bisa mengambil satu bagian itu untuk dijadikan tulisan. Bahkan bisa sekalian mencurahkan perasaan saat menulis. Ya, hitung-hitung sekalian meringankan beban perasaan sendiri.

3. Kutipan dan Kata-Kata Mutiara

Yup, sebuah kutipan bisa jadi pemantik untuk membuat tulisan yang panjang. Kata-kata mutiara, nasihat, atau kata-kata bijak yang banyak bertebaran di internet bisa jadi sumber inspirasi baru. Sebuah kalimat mutiara bisa diuraikan menjadi sebuah artikel yang cukup panjang dengan menuliskan pemahaman atau sudut pandang kita tentang kalimat mutiara tersebut. Sebuah kutipan dari novel atau buku pun bisa jadi sumber ide tulisan baru.

4. Film dan Serial

Kalau punya hobi nonton film atau serial, bisa juga manfaatkan untuk mencari ide tulisan. Seperti hubungan dan konflik yang dialami oleh tokoh utamanya bisa menjadi ide tulisan kita. Kesan yang kita dapatkan setelah menonton sebuah film atau serial pun bisa kita uraikan menjadi sebuah tulisan dengan mengerucutkan topiknya.

5. Cuitan Warganet

Gulir-gulir linimasa media sosial, kita akan dibanjiri oleh berbagai macam cuitan. Cuitan seseorang bisa mengandung emosi, perasaan, dan pelampiasan akan sesuatu. Kita bisa ambil satu cuitan dan coba mencari kata kunci yang bisa dikembangkan untuk menjadi topik tulisan. Dunia media sosial tak pernah sepi, maka media ini jugalah yang bisa menghadirkan berbagai ide dan inspirasi baru yang kadang tak terduga.

Untuk mencari ide kita memang harus “bergerak”. Ibarat untuk mengeluarkan harta karun dari dalam tanah, maka kita harus bergerak untuk menggalinya. Ide-ide banyak bertebaran di mana-mana, tinggal bagaimana kepekaan kita saja untuk menangkapnya.