cr: unsplash.com/@kimtheris

Bergabung dengan sebuah agensi penerjemahan sulih teks, pekerjaan yang dapat diambil bisa dibilang pakai prinsip siapa cepat dia dapat. Ketika muncul surel soal proyek baru yang bisa diambil, maka siapa yang bisa dapat “kursi pertama” itu yang akan dapat proyeknya. Telat beberapa detik saja kadang sudah kelewatan kesempatan untuk dapat proyek itu. Kalau sudah begini, menangkap sebuah pekerjaan rasanya seperti menangkap ikan yang baru mentas dari dalam air. Kudu cepat, kalau tidak bakal lepas atau keburu ditangkap orang lain.

Karena kantor agensinya bukan di Indonesia maka seringkali tawaran proyek dikirimkan pada tengah malam dan dini hari. Zona waktu yang berbeda membuat jam kerja ikut berbeda pula. Bukan sekali dua kali, begitu bangun pagi dan buka ponsel, saya mendapat ada tawaran proyek-proyek baru yang dikirim ke surel tapi ternyata sudah ditangkap duluan oleh rekan penerjemah lain. Ya, banyak penerjemah yang sepertinya selalu stand by semalaman. Kalau sudah begini, kudu ikhlas. Belum rezeki mengerjakan proyek tersebut.

Pernah juga waktu saya sedang berlibur, ada surel masuk soal proyek penerjemahan baru. Karena saat itu sedang “kangen” menerjemahkan, saya pun langsung buru-buru membalas surelnya mengonfirmsasi kesediaan saya untuk mengerjakan proyek itu. Hehe, demi bisa nabung lagi untuk liburan maka perlu tambahan penghasilan juga. Pokoknya, saya selalu mengusahakan ponsel terkoneksi internet setiap saat. Supaya kalau ada proyek pekerjaan baru, bisa langsung ditangkap. Yang penting usaha dulu, mengajukan diri untuk mengerjakannya, tentang bakal dapat proyek itu atau tidak ya tak usah terlalu dibikin stres.

Kadang sedih juga bila sudah merasa yakin mendapat “kursi pertama” untuk sebuah pekerjaan, tapi kenyataanya ada yang lebih cepat dan lebih dulu mendudukinya. Telat sepersekian detik membalas surel, tampaknya bisa memberi pengaruh yang cukup besar. Apalagi persaingannya juga makin lama makin ketat, makin banyak penerjemah yang bergabung dengan sebuah agensi maka peluang untuk menangkap sebuah proyek makin kompetitif. Ya, semua orang pastinya akan selalu berusaha yang terbaik untuk menjemput rezeki.

Semoga ke depannya kita bisa mendapat dan menangkap pekerjaan-pekerjaan terbaik di waktu yang tepat. Bisa menambah penghasilan, meningkatkan kesejahteraan, dan membuat hidup lebih cerah berwarna. Haseeek!