cr: unsplash.com/@angelique_emonet

Bagaimana cara melepas stres yang paling efektif? Apakah ada cara yang paling manjur untuk menghilangkan stres dan penat? Masing-masing orang pasti punya caranya sendiri, seperti sengaja menyepi dan menyendiri untuk melepas tekanan hidup.

Beberapa waktu lalu terlibat obrolan dengan beberapa teman terkait kebiasaan untuk melepas stres. Masing-masing dari mereka punya cara unik dalam melepas stres. Dari semua cara yang mereka miliki, satu benang merah yang saya tangkap dari cara mereka adalah mereka cenderung memilih cara menyendiri untuk melepas stres.

Ternyata saya tidak sendiri dalam memilih cara menyendiri untuk melepas stres, hehe. Dulu saya pikir cara saya melepas stres dengan sengaja membuat diri lelah berjalan berjam-jam adalah cara yang aneh. Tapi sebenarnya tidak ada yang aneh dari setiap cara melepas stres. Meluangkan waktu sendiri melakukan sesuatu tanpa ditemani siapa pun bisa jadi cara yang paling ampuh untuk menenangkan hati dan pikiran.

cr: unsplash.com/@auskteez

Bengong bisa jadi salah satu cara terampuh untuk mengatasi stres. Duduk berjam-jam di suatu tempat seorang diri menyaksikan orang lalu-lalang bisa jadi semacam terapi tersendiri. Berada di dalam kesepian di tengah keramaian bisa membantu mencairkan tekanan yang sedang dirasakan. Ya, ada yang bisa melepas stres dengan cara itu. Tapi kalau saya rasanya belum sanggup kalau hanya bengong seorang diri di suatu tempat. Kelamaan bengong membuat pikiran saya bisa makin dipenuhi oleh pikiran yang aneh-aneh, hehe.


“The greatest weapon against stress is relaxed breathing.” 

Amit Ray, Beautify your Breath – Beautify your Life

Bersantai dan leyeh-leyeh di kamar juga jadi cara termurah dan efektif untuk melepas stres. Tidak melakukan apa-apa kadang jadi obat tersendiri untuk membuat kita lebih rileks. Saya pun bisa betah menghabiskan waktu di rumah seharian penuh untuk mengisi ulang energi. Tapi kondisi tersebut sudah jarang bisa saya dapatkan karena lingkungan tempat tinggal sekarang dipenuhi tetangga berisik. Di rumah bukannya bisa lebih rileks malah makin stres karena tetangga yang nggak punya perasaan, ha!

Nonton bioskop sendiri, cara ini juga kadang saya lakukan untuk melepas stres. Duduk manis di depan laptop nonton drama atau acara ragam (variety show) juga jadi cara paling mudah untuk menghilangkan rasa jenuh. Bikin kreasi camilan sendiri, baca buku sambil mendengarkan musik sendiri sampai larut malam, dan olahraga sendiri, cara-cara itu juga cukup efektif untuk melepas stres. Solo traveling juga jadi salah satu cara ampuh untuk menghempaskan kejenuhan menghadapi badai kehidupan.

Ada juga yang sengaja tidak ingin bertemu dengan siapa-siapa di akhir pekan karena butuh waktu sendiri. Sengaja mencegah teman datang berkunjung pun dilakukan demi mendapatkan waktu berharga untuk diri sendiri. Ya, masing-masing dari kita punya trik dan siasat tertentu untuk bisa menyendiri demi menenangkan pikiran.

Tubuh dan pikiran selalu butuh istirahat. Dengan berbagai kesibukan dan aktivitas yang padat, kebutuhan untuk memiliki ruang sendiri pun makin penting. Jadi, apakah di antara kita ada juga yang sering sengaja menyendiri untuk melepas stres juga?