cr: pexels.com/@katlovessteve

busy bee: someone who is always busy doing things

macmillandictionary.com

Istilah “busy bee” digunakan pada seseorang yang selalu tampak sibuk melakukan sebuah (atau banyak) hal. Selain itu, istilah ini mengarah pada seseorang yang selalu tampak energik. Ketika seseorang menjadi “lebah yang sibuk” ia akan tampak seperti tak pernah bisa tenang. Entah karena memang sedang sibuk betulan atau sibuk bohong-bohongan.

Saat melihat seseorang tampak sibuk dengan banyak hal, rasanya kita ikut merasa stres. Melihatnya tampak sedang banyak pikiran dan tak mau diganggu membuat kita ingin menjaga jarak sejauh mungkin. Takut disengat, hehe. Ya, kita pun pasti pernah merasakannya sendiri betapa mumetnya pikiran saat disibukkan oleh banyak hal. Sehingga, untuk sekadar tersenyum pun rasanya susah sekali.

Ketika kita sedang disibukkan oleh banyak hal, kadang kita jadi kurang peka dengan keadaan sekitar. Bahkan terkesan jutek dan makin menyebalkan. Saat kita sedang menjadi “lebah yang sibuk”, rasanya kita jadi makin sensitif akan banyak hal. Bahkan, melihat ada notifikasi surel yang baru masuk di ponsel bisa bikin deg-degan sendiri. Mendadak cemas bila ada tenggat baru yang harus cepat diselesaikan atau sesuatu yang harus segera dikoreksi.

Ada lebah yang sibuk betulan, tapi ada juga yang sibuk bohongan. Yang sibuk bohongan ini biasanya merasa dirinya menjadi orang yang lebih penting dan superior karena yang dikerjakannya (seakan) lebih penting dari yang dikerjakan orang lain. Kalau yang sibuk betulan bagaimana? Yang sibuk betulan biasanya ya fokusnya pada pekerjaan, tapi kadang sampai kebablasan terhanyut dalam pekerjaan sampai mengabaikan orang-orang di sekitarnya. Ah, ini sih saya saja yang asal-asalan bikin definisi.

Saat sedang sibuk-sibuknya, mungkin saya tak seberisik lebah yang terbang kesana kemari. Malah, cenderung tak bersuara. Karena kesibukan yang terberat adalah saat harus memenuhi tenggat pekerjaan, maka ketika dapat proyek pekerjaan baru, saya harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Harus mengondisikan diri biar energi nggak banyak terkuras supaya saat bekerja bisa menjaga fokus dan perhatian sebaik mungkin. Ya, walau kadang kalau sudah sampai stres banget karena pekerjaan satu dan lainnya, jadi sering ngomel-ngomel sendiri untuk hal-hal yang nggak penting, hehe.